مُلَخَّص البَحْث

مُلَخَّص البَحْث

عَلِيْ رَمْضَانِيْ, "القرآن ومعرفة القراءة والكتابة العربية: دراسة في أثر القرآن على تنمية معرفة القراءة والكتابة العربية", رسالة الماجسيتر بكلية الدراسات العليا, جامعة شريف هداية الله بجاكرتا, 2009.

واستنادا إلى البحث عن براهين تاريخية، يثبت هذا البحث أن الذي يؤثر على تنمية معرفة القراءة والكتابة العربية هو نزول القرآن الكريم ورغبة المسلمين في معرفة تلك الرسالة القرآنية واهتمامهم بها. كما أن الحاجة إلى جمع القرآن، وقوة الحاجة والغيرة لتعلم القرآن الكريم والتعليم من النبي هي رائدة الحركة التي تدعم التنمية في معرفة القراءة والكتابة العربية. وبالإضافة إلى أن حث القرآن الكريم على القراءة (العلق: 1-5) قد دفع المسلمين بعضهم بعضا الى 'المنافسة' لترقية هذا الفن وتنميته.
النتائج التي وصل إليها هذا البحث تثبت ضعف الرأي القائل بأن تنمية معرفة القراءة والكتابة العربية نتيجة الاتصالات الثقافية العربية من خلال التجارة والأنشطة الاقتصادية (هَادِي مَعْرفات, 2007)، كما أنه يضعف القول بأن الأنشطة التجارية لها مساهمة كبيرة في هذه التنمية (عَدنَان عَمَلْ، 2005). وهذه الآراء لا توافق مع حقيقة العرب آنذك أن القدرة على القراءة والكتابة العربية لا تنضم القواعد التي تسير عليها جمع القرآن في السطور وتدوينه. بدليل أن قواعد كتابة القرآن ورسمه تتطور جيلا بعد جيل بعد القرون الأولى. وهذا يعني أن العلاقات التجارية بين التجار في أنحاء شبه الجزيرة العربية لا يحقق تغييرا هاما لتنمية معرفة القراءة والكتابة العربية.
هذه البحث يناقش رأي ابن خلدون (ت 808) في كتاب مُقَدِّمَة الذي يقول إن من شروط تطوير اللغة وتنميتها تتطلب توفير عنصر الاقتصاد في المجتمع، وهذا الشرط لم يكن موجودا في مجتمع العرب حينذك، حيث إن الأدوات التي كانت تستخدم لكتابة الوحي من العظام ، والأخشاب ، والنباح ، وغيرها من الأشياء التي يمكن كتابتها عليها. ومع ذلك فإنهم نجحوا في تطوير ثقافة معرفة القراءة والكتابة. والسر في ذلك هو روح الإسلام، وقوة العقيدة والايمان، وثقافتهم في الاعتبار من آي القرآن الكريم.
ومع ذلك ، فإننا لا ننكر رأي ابن خلدون، الذي يتطلب وجود المنافسة والعناصر الاجتماعية في هذه التنمية. لأن التاريخ قد صور تلك الظاهرة الحقيقية التي تتمثل في المجتمع الذي بناه النبي من صحة التفكير، وحسن البيئة، ومجتمع سابق بالخيرات بإذن الله.
وهذا البحث يؤكد رأي الفريق الذي يقول إن العوامل التي تؤثر في تنمية معرفة القراءة والكتابة العربية هو نزول الوحي القرآني. ومن بينهم: الفَارُوقِي (نيويورك، 1986)، اَلْأَعْظَمِي (جَاكَرْتا، 2005)، لُوِيس (نيويورك، 1960)، حسَن (جاكرتا، 2006)، شِهَاب (بِاندونج، 1999) وهِتِّيْ (لوندون، 1970). ومع ذلك، لا تزال آرائهم مجرد البيان ولم تؤيدها بالأدلة التاريخية والتحليل العميق. كما أن هذا البحث يؤيدها بالأدلة التاريخية.
هذا البحث يبين-بكل الاحتصار- أن العرب قبل نزول القرآن قد تعرفوا على معرفة القراءة والكتابة. وذلك من خلال الآيات القرآنية التي تحث على القراءة، والأسوة الحسنة التي تتمتل في شخصية النبي من التعاليم والبشارات. لأن القرآن الكريم هو الذي جعل نظام الكتابة العربية مثاليا راقيا، وقد دل على ذلك تدوين الحروف العربية وترتيبها (حسب الترتيب الأبجدي) من حيث العدد والشكل، ومن التحسن في نظام والأشكال. كما أنه قد دون العلوم العربية من النحو والصرف وما يتطور فيما بعد من البلاغة والأدب. وهذه الظاهرة تتمثل أيضا في الأمة الإسلامية من ظهور الوعي والحماسة لتعلم فن من فنون العلوم في علوم القرآن، وعلوم الحديث النبوي رواية ودراية، والسيرة النبوية، وترجمة الكتب الأجنبية من فلاسفة اليونان، وما إلى ذلك.
أما المصادر والبيانات التي يرجع إليها الباحث ويقرأها في هذا البحث فهي الآيات القرآنية التي تتكلم عن الترغيب، والدافع والتشجيع في معرفة القراءة والكتابة العربية والتي تدل على نقطة الانطلاق لظهور معرفة القراءة والكتابة العربية، بالإضافة إلى الكتب في علوم القرآن وتاريخ القرآن وتاريخ المجتمع العربي التي تحدث عن تطور معرفة القراءة والكتابة العربية. واستعرضها الباحث على المنهج الموضوعي. كما أنه قد ساعد في البحث التاريخي لهذا البحث بعض الكتب التي تحتوي على الكتاب الأولين ومؤلفاتهم، مثل الفِهْرِسْت لابْنِ نَدِيْم (ت 380) وكَشْفُ الظُّنُون لحَاجِيْ خَليفَة (ت 1068). ومن هذا الكتب تقيس تنمية معرفة القراءة والكتابة العربية وتطورها بعد نزول الوحي القرآني.[]
.................
Al-Qur'an dan Literasi Arab:
Kajian tentang Pengaruh Al-Qur'an terhadap Perkembangan Literasi Arab

Berdasarkan penelusuran historis, tesis ini membuktikan bahwa yang mempengaruhi perkembangan tradisi literasi Arab adalah turunnya al-Qur'an, beserta keinginan umat Islam untuk mengetahui pesan al-Qur'an. Kebutuhan untuk mendokumentasikan wahyu (jam’ al-Qur'ân), minat yang tinggi untuk mempelajari al-Qur'an serta kepeloporan Nabi Muhammad dalam gerakan literasi telah menjadi media dan momentum yang tepat bagi perkembangan literasi Arab. Selain itu, perintah membaca dan menulis (QS. 96:1-5) menyebabkan terjadinya ‘kompetisi’ dalam mendalami tradisi literasi di tengah umat Islam.
Temuan dalam tesis ini membuktikan kelemahan pendapat yang menyatakan bahwa perkembangan literasi Arab didorong adanya kontak budaya melalui aktifitas ekonomi dan perdagangan (Ma'rifat, 2007), juga pendapat yang mengatakan, aktifitas perdagangan memiliki andil besar terhadap perkembangan literasi Arab (Amal, 2005). Pendapat seperti ini bertentangan dengan fakta bahwa kemampuan membaca dan menulis orang-orang Arab belum mampu secara penuh mewadahi wahyu al-Qur'an. Terbukti, generasi muslim setelahnya harus bekerja keras untuk menyempurnakan dan menciptakan kaedah membaca dan menulis al-Qur'an. Ini artinya, hubungan perdagangan antara orang-orang Quraisy dengan para saudagar di sekeliling Jazirah Arab tidak membawa perubahan yang signifikan bagi perkembangan tradisi literasi Arab.
Tesis ini juga membantah pendapat Ibn Khaldûn (m. 808 H) dalam Muqaddimah, bahwa perkembangan literasi bahasa tertentu mensyaratkan, salah satunya, adanya kemapanan ekonomi. Syarat ini tidak berlaku pada masyarakat muslim Arab saat itu, yang jauh dari kemapanan ekonomi. Peralatan yang digunakan untuk menulis wahyu sangat sederhana: tulang unta, pelepah kurma, kulit kayu, dan benda-benda lain yang bisa ditulisi. Namun mereka berhasil mengembangkan budaya literasi. Modal yang dimiliki umat Islam adalah semangat keislaman, keberagamaan, keimanan dan dedikasi untuk mengambil pesan wahyu. Dan dengan ini mereka berhasil.
Namun begitu, pendapat Ibn Khaldûn yang mensyaratkan adanya kompetisi dan komunitas sosial bagi perkembangan tradisi literasi sangatlah tepat. Dalam konteks masyarakat Islam, dua hal ini jelas ada. Masyarakat yang dibentuk Nabi adalah kelompok sosial yang kondusif, yang memungkinkan diajak berfikir progresif. Di antara mereka juga ada kompetisi, yaitu ingin mengetahui pesan wahyu, menjadi muslim yang mulia.
Posisi tesis ini memperkuat pendapat yang mengatakan, bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan tradisi literasi Arab adalah turunnya al-Qur'an, antara lain al-Faruqi (New York, 1986), al-A'zami (Jakarta, 2005), Lewis (New York, 1960), Hasan (Jakarta, 2006), Shihab (Bandung, 1999), dan Hitti (London, 1970). Namun, pendapat-pendapat mereka masih berupa statement yang belum didukung bukti historis serta analisis mendalam. Riset ini menguatkan pendapat-pendapat ini dengan menunjukkan bukti-bukti historis.
Tesis ini juga menjelaskan, sebelum al-Qur'an turun masyarakat Arab telah mengenal tradisi literasi, tetapi sangat terbatas. Al-Qur'an—melalui motivasi, tamtsil, serta perintah membaca dan menulis serta kerja keras Nabi Muhammad telah mempopulerkan tradisi literasi Arab. Karena al-Qur'an juga, sistem tulisan Arab menjadi sempurna. Indikatornya, terjadi kodifikasi jumlah dan bentuk huruf (abjad) Arab, penyempurnaan sistem huruf Arab (syakl, nuqthah) dan dibukukannya ilmu nahwu. Bahkan setelah itu muncul kesadaran (semangat) untuk mempelajari ilmu pengetahuan di lingkungan umat Islam. Maka, munculah disiplin ulumul Qur'an, ulumut Tafsir, penulisan kitab-kitab tafsir, penulisan hadis Nabi, Sirah Nabi, penerjemahan buku-buku karya para filsuf Yunani, dan lain-lain. Dari tradisi literasi ini kelak lahir peradaban ilmu pengetahuan di dunia Islam.
Sumber data riset ini adalah ayat al-Qur'an yang berbicara perintah, motivasi dan inspirasi tradisi literasi. Ayat ini diposisikan sebagai embrio dimulainya tradisi literasi Arab; dikaji dengan pendekatan tafsîr maudhû'i. Selain ayat al-Qur'an adalah buku-buku ulumul Qur’an, sejarah al-Qur'an (târikh al-Qur'ân) dan sejarah masyarakat Arab yang menceritakan perkembangan tradisi literasi Arab. Semuan data kemudian dianalisis dengan pendekatan sosial historis. Buku yang merangkum para penulis keislaman awal dan karya intelektualnya, misalnya al-Fihrist karya al-Nadîm (m. 380 H) dan Kasyf al-Zhunûn karya Hâjî Khalîfah (m. 1067 H) sangat membantu penelusuran sejarah dalam tesis ini. Dari buku ini, perkembangan literasi Arab—yang ditandai dengan terbitnya buku-buku keislaman—akan diukur, sampai seberapa besar perkembangan literasi Arab pasca al-Qur'an turun.[]
....................
ABSTRACT
“Al-Qur'an and Arabic Literacy:
Study about the Qur’anic Influence on the Growth of Arabic Literacy”
A Thesis for Magister Degree of the School of Graduate Studies, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2009.

Based on the investigation of historical evidence this thesis proves that some factors influencing the growth of Arabic literacy tradition was the revelation of al-Qur'an, along with the desire of Islamic people to know the message of al-Qur'an. The need for documenting the revelation (jam` al-Qur'ân), was a high enthusiasm among the muslims to study al-Qur'an and also Prophet Muhammad’s initiative in literacy movement became media and right momentum for the growth of Arabic literacy. Besides, the comand to read and write (QS. al-'Alaq/96:1-5) encourages the muslims to compete in studying literacy tradition.
Findings of this thesis prove the weak opinion declaring that the growth of Arabic literacy was pushed by the existence of cultural contact through economic and commercial activities (Hadi Ma'rifat, 2007), also there is other opinion assuming that commercial activities had a big share in the growth of Arabic literacy (Adnan Amal, 2005). This opinion is against the fact that ability of reading and writing among Arab people had not yet received comprehensively the revelation of al-Qur'an. It had been proven, that the next moslem generation had to strive to create and accomplish reading and writing methods of al-Qur'an. It means that commercial relation (trade) between the Quraishites with the merchants around Jazirah Arab did not bring any significant change for the growth of literacy traditions for the Arabs.
This thesis also argues Ibn Khaldûn’s opinion (Muqaddimah), that the growth of certain language literacy required, one of them, the existence of an established economic condition. This condition was not applicable for the Arab muslims who were at that time far from the setled economics condition. Equipments used to write the revelation were very simple: camel bone, date frond, bark, and other objects which could be written. But they succeeded in developing literacy culture. What they owned was Islamic spirit, religiousity, belief in God, and dedication for taking the message of the revelation. And with this all they succeeded.
However, Ibn Khaldûn’s opinion requiring the existence of social community and competition for the growth of literacy tradition is very acurate. In the context of muslim community these things were clear existent. The community created by Prophet Muhammad was a conducive social group, which were able to think progressively. There was also competitions among them, namely they were eager to know the message of the revelation and to be good muslims.
This thesis strengthes the opinion claiming that some factors influencing the growth of Arabic literacy tradition is the descent of al-Qur'an, for example the opinions of al-Faruqi (New, York, 1986), al-A'zami (Jakarta, 2005), Bernard Lewis (New, York, 1960), Ibrahim Hasan (Jakarta, 2006), Quraish Shihab (Bandung, 1999), and Hitti (London, 1970). But, their opinions are still mere statement which are not yet supported by historical evidence and deep analysic. This research strengthens these opinions by showing historical evidence.
This thesis also explains, before al-Qur'an was revealed the Arabs had recognized literacy tradition, but very limited. Al-Qur'an contains motivation, exemplifications (tamtsil), and command for reading and writing and Prophet Muhammad’s hard work had popularized Arabic literacy tradition. In addition, due to al-Qur'an, Arabic characters system became perfect. Some indicators to this were the codification of the number and forms of Arabic letters (alphabet), completion of Arab letter system (syakl, nuqthah) and the invention of Arabic syntac (nahwu). Even then emerged among the muslim people awareness (the spirit) to study science. Hence, emerged ulumul Qur'an (the science of al-Qur'an), exegesis Qur’anic, writing of the Prophet’s hadis, his sirah (biography), translation of masterpiece books of Greek philosophers, and others.
The sources of the research are Qur'anic verses which talk about comand, motivation and inspiration for litercy tradition. These verses are positioned as embryo for the beginning of Arabic literacy tradition, which are studied with the approach of tafsîr maudhû'î. In addition to Qur'anic verses are Qur'anic science books, history of al-Qur'an (târîkh al-Qur'ân) and history of Arabs that narrate the growth of Arabic literacy tradition. The data are analysed using the socio-historical approach. Two books containing early muslim writers and their works are al-Fihrist of al-Nadîm (tungsten 380 H) and Kasyf al-Zhunûn of Hâjî Khalîfah (tungsten 1067 H) which help the writer trace history in this thesis. With these books, the growth of Arabic literacy after the revelation of al-Qur'an can be assessed.[]

Komentar

Postingan Populer