ungkapan terima kasihku

UNGKAPAN TERIMA KASIH

Dua tahun menjadi bagian dari kampus Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, selama itu pula banyak hal telah aku dapatkan. Tak terkecuali suka/duka, lebih/kurang, kesulitan/kemudahan bergantian mengisi perjalanan hingga akhirnya sampai seperti sekarang ini. Aku selalu bersyukur kepada Allâh ’Azza wa Jalla, karena ketika dalam kondisi sulit selalu saja ada kemudahan yang Dia kirim melalui orang-orang terpilih-Nya.
Karena itu saya merasa wajib mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu meringankan tanggung jawab saya selama kuliah. Terima kasih kepada pembimbing penulisan tesis, Dr H Udjang Thalib MA, yang dengan telaten telah membaca, mengoreksi dan memberi masukan berharga selama proses penelitian, sehingga menjadikan karya ini lebih teliti dan bisa dipertanggungjawabkan. Kepada Dr Fuad Jabali MA dan Dr Yusuf Rahman MA, terima kasih telah banyak memberi inspirasi dan pengarahan—tidak hanya ketika berlangsung penulisan tesis ini tetapi sejak awal saya belajar di SPs UIN Jakarta. Jujur, saya merasa beruntung karena berkesempatan untuk berdiskusi dalam berbagai tema dengan dua doktor ini. Terima kasih kepada Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat, Direktur SPs UIN Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra MA, serta Deputi Direktur Pengembangan Kelembagaan Prof Dr Suwito MA. Terima kasih pula kepada tim penguji tesis, terutama Dr Muchlis Hanafi MA dan Dr Abdul Chair. Kritik, saran dan masukan berharga dari mereka menjadikan tesis ini semakin ‘melimpah dalam data’ dan ‘kaya dalam perspektif’.
Sujud ta’zhim-ku untuk Bapak dan Ibundaku, H Surat Sahlan (m 2007) Allâh yarham dan Hj Hasanah Isbat. Bagiku, mereka berdua adalah guru pertamaku yang dengan sangat sabar telah mengajari aku untuk mencintai ilmu pegetahuan dan tidak bosan menjadi pribadi yang baik. Untuk Ibundaku, semoga Allah memberi karunia kesehatan dan umur panjang yang barakah, dan kekuatan untuk mendidik, mengarahkan dan mendoakan anak-anaknya. Kepada kakak-kakak kandungku, mbak Hj Nur Rosyidah, kak Subhi, mbak Sundrikah dan kak Ahmad Irsyad beserta isteri dan suami, terima kasih sudah memberi perhatian lebih kepada adikmu. Untuk kak H Tauhid dan kak Abuyoto, terima kasih dengan perhatiannya selama ini. Terima kasih juga saya sampaikan untuk mas dan mbakyu aku di Cilacap (mbak Fadhila, mas Faizun, mas Fatihun, mbak Faiza, mas Bagyo dan mbak Farida) beserta Keluarga Besar Pesantren Nurul Islam, Karangjati, Sampang, Cilacap.
Kepada para dosen, utamanya Prof Quraish Shihab, Prof Kautsar Asyhari Noor, Prof Rif’at Syauqi Nawawi, Prof Aziz Dahlan, Prof Zainun Kamal, Prof Salman Harun, Prof Amin Suma, Prof D Hidayat, Dr Matsna, Dr Sri Mulyati, Dr Dardiri, Dr Faizah Ali, Dr Sahabuddin, dan Dr Romlah Askar, terima kasih sudah membagikan ilmu kepada saya. Semoga Allah menggantinya dengan kemuliaan.
Harus saya akui, kelancaran selama studi di UIN Jakarta juga tidak lepas dari kemurahan dan budi baik para teman, kolega dan sahabat. Dalam kesempatan ini, saya sangat berterima kasih kepada mas Sidik Sisdiyanto yang sudah memberi berbagai fasilitas dan kemudahan sehingga proses penulisan tesis menjadi lebih lancar dan ringan. Terima kasih juga buat mas Ruchman Basori, mas Abdul Rouf, mas Asrul, mas Rumadi dan mas Aziz Syafiuddin. Bersaudara dengan mereka membuat diri ini semakin dewasa.
Begitu juga sejumlah teman dan sahabat yang tergabung dalam bebagai lembaga dan komunitas, yang memungkinkan saya bekerjasama dan beraktualisasi diri, seperti mas Mukhsin Jamil (Lemlit IAIN Semarang), Rusmadi (Ilham-Institute Semarang), mas Marzuki Wahid (Fahmina-Institute Cirebon), Caswiono Cakrawangsa dan Rikza Hamami (PP IPNU), mas Ubaid (IAIN Semarang), mas Tolchah (Inceis), Aziz Hakim dan Wiwit (PKB), Masfuq (Sindo), Gus Solah, Idris dan Muhtadlirin (CSRC Jakarta), mas Joko TH, Fahrudin, Edi (SKM Amanat Semarang), Faruq dan Asep (Aliansi mahasiswa Filsafat Indonesia—AFI), Hadirin Halim, Sugi, Azhim, Zamzuri, Zarkoni dan Iman F (Geng 2001 IAIN Semarang), Burhan dan Kunjaryanto (INISNU Jepara), Hamdan dan Munawir Aziz (STAIN Kudus), dan segenap ”keluarga kelas spesial” Ulumul Qur’an SPs UIN Jakarta 2006, terutama Jaja, Irfan, Pak Fuad, Syihab, Syamsuni, Zainal, Thohar, Syuhada, Islah, Aziz, Muallim, dan F Munadi.
Tidak lupa, saya berterima kasih kepada Diktis Depag RI yang sudah memberi beasiswa, sehingga memungkinkan saya untuk studi S2. Terima kasih juga kepada pengelola perpustakaan SPs UIN Jakarta, Drs Suali Fuad dan M Syukron. Berjam-jam di antara rak buku selama beberapa semester menjadi lebih menyenangkan berkat kebaikan dan kemurahan hati mereka berdua. Begitu juga pengelola perpustakaan utama UIN, PSQ Jakarta, dan FIB UI Depok.
Akhirnya, penghargaan yang istimewa aku sampaikan kepada isteri tersayang, Umi Nur Fatihatul Jannah (Umi) dan puteri kami, Aghna Lokanatha Ramdhani (Ananta). Pengertian dan kesabaran mereka selama studi, terutama saat penulisan tesis ini telah memungkinkan kuliahku selesai tepat waktu. Kepada mereka, karya intelektual ini aku dedikasikan. Jazâkumullâh ahsanal Jazâ’.


Jakarta, bertepatan Hari Ibu 2008


ALI ROMDHONI

Komentar

Postingan Populer